WHAT'S NEW?
Loading...

ENTERPRENEUR - USAHA TAS CLEAPER ( MODAL LAUNCHING FILM)

A.    Judul Usaha
Karena Gender Tak Mungkin Setara
B. Latar Belakang
Perfilman Indonesia banyak dilirik ketika ia mengangkat fenomena yang menyangkut permasalahan budaya dan sosial. Kedua hal tersebut sangat dekat dengan kehidupan masyarakat dan sering kali menjadi kontroversi. Ketika keduanya diangkat oleh para senias muda ke layar lebar, tentunya akan menjadi sebuah cerita yang menarik dan akan memancing respon dari berbagai pihak.
Sebuah film berjudul Annisa dan Sholeh merupakan salah satu bagian dari enam film yang digabung menjadi satu dalam omnibus VI Movie karya mahasiswa Broadcasting UMY 2011.  Annisa dan Sholeh bercerita mengenai seorang anak kecil bernama Annisa yang tertarik mengikuti sebuah perlombaan adzan di mushola dekat rumahnya. Ketika itu ia sangat bersemangat mengikuti perlombaan, namun ternyata niat Annisa tersebut dilarang oleh pak Sholeh, seorang lelaki tua yang merupakan muadzin di mushola dekat rumah Annisa tersebut. Annisa merasa larangan tersebut janggal, ia mulai merasa kesal dan mempertanyakannya pada ibunya. Dengan bersikeras ia memohon pada ibunya untuk membujuk pak Sholeh agar dirinya dapat mengikuti perlombaan Adzan tersebut.
Fenomena yang ingin diangkat yakni permasalahan gender. Dimana saat ini banyak perempuan yang ingin disetarakan hak serta kewajibannya dengan laki-laki. Annisa merasa bahwa mengumandangkan adzan bukan hanya untuk laki-laki saja, perempuan juga memiliki hak yang sama dalam hal tersebut. Annisa memperjuangkan haknya dan mencari alasan mengapa adzan untuk perempuan itu dilarang. Film ini ingin membuka pemahaman yang ada dalam benak masyarakat bahwa ada hal yang disebut kodrat, ada hal yang berbeda antara laki-laki dan perempuan yang tidak dapat dipaksakan untuk menjadi sama. Sebagai contoh dalam film Annisa-Sholeh yakni hal sesederhana ber-adzan.
C.       Rumusan Masalah
Bagaimana  menyadarkan perempuan dalam film Annisa Sholeh bahwa emansipasi wanita ada batasnya, mengingat belakangan ini banyak permpuan yang menginginkan kesetaraan gender?

D.     Tujuan Usaha
1.      Memperkenalkan film VI MoVIe kepada masyarakat luas khususnya pelajar SMA serta mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya melalui merchandise berupa tas VI MoVIe.
2.      Memupuk serta mengembangkan jiwa kewirausahaan yang mandiri pada diri crew film VI MoVIe agar mampu bersaing secara sehat dengan kompetitor di dunia luar.
3.      Memberi solusi konkret pada permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat muda saat ini melalui inovasi tas kreatif.
              
E.     Luaran yang Diharapkan
a.     Ide usaha
Dalam perencanaan dan jadwal yang disusun oleh pihak produksi dalam tahap pra-produksi penggarapan film VI- Movie, telah diagendakan launching serta pemutaran film VI-Movie . Ketika film yang masih terhitung baru dan perdana ini mucul di pefilman Indonesia, tentu saja perlu mengadakan pengenalan kepada masyarakat. Dengan kata lain promosi.
Strategi promosi yang dapat dilakukan yakni salah satunya dengan menjual marchandise film VI-Movie. Film dan teknologi baru sangat erat hubungannya, sehingga mengingat kembali bahwa teknologi saat ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Kebutuhan dan permintaan pasar akan teknologi makin melonjak dan seolah tidak pernah mati.  Hal ini yang menggerakkan wirausahawan untuk memanfaatkan peluang tersebut sebagai sebuah rencana untuk membuat suatu usaha. Ide- ide kreatif bermunculan untuk menyeimbangi perkembangan teknologi tersebut. Semakin banyak masyarakat  yang memenuhi kebutuhan teknologi seperti laptop dan gadget, sehingga saat ini diantaranya banyak ditemui  fenomena bahwa masyarakat tentu tidak hanya membawa gadget saja didalam tasnya, namun juga membawa berbagai macam keperluan seperti buku, alat tulis, alat kantor, dsb. Bagi kaum perempuan terkadang perlengkapan make-up juga menjadi perlengkapan yang tidak bisa ditinggalkan.
Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut, mereka membutuhkan wadah yang dapat mempermudah membawa gadget dan perlengkapan mereka. Sebuah wadah tersebut dibutuhkan untuk mengemas gadget dan perlengkapan lainnya lebih mudah serta ringkas sehingga terkesan tidak berantakan.  Sehingga itu kami berusaha memberikan solusi dari permasalahan yang ada didalam masyarakat berupa produksi tas serbaguna yang dapat mempermudah pembawaan perlengkapan ketika mereka disibukkan dengan dunia luar. Sebuah inovasi yang dapat menambah keunikan serta kreativitas didunia fashion.
Selain memperhatikan fenomena serta permasalahan yang tumbuh-kembang di dalam masyarakat yang menyangkut kebutuhan individu tersebut, kami pun memperhatikan kondisi usaha yang dijalani oleh beberapa pengusaha yang semakin menjamur. Semakin banyak perusahaan yang memproduksi barang-barang yang menunjang fashion seperti tas. Dengan berbagai model, gaya, dan warna, konsumen semakin menaruh minat yang luar biasa dan terus meningkatkan permintaan. Kami berusaha membuat inovasi dengan bermodalkan kreativitas, memaksimalkan dan berusaha memenuhi permintaan.
Melihat pada kemajuan zaman seperti sekarang ini dengan berkembangnya bermacam – macam gadget dari mulai yang kecil bisa dibawa dengan mudah sampai dengan ukuran yang cukup besar. masyarakat yang juga mengikuti perkembangan zaman tersebut kebanyakan menggunakan lebih dari satu gadget, tentunya disaat mereka bepergian membawa seluruh gadget yang mereka gunakan bukan hanya dari gadget saja yang perlu mereka bawa kemanapun mereka pergi akan tetapi dari aksesoris atau pelengkap gadget tersebut juga biasanya selalu mereka bawa kemanapun mereka pergi.
Melihat permasalahan di atas yaitu masyarakat yang dituntut repot dengan membawa segala jenis gadget beserta lain – lainnya untuk membantu pekerjaan mereka yang harus dibawa kemanapun, maka dariu itu kita mengeluarkan produk tas “serba guna” dengan bentuk yang tidak terlalu besar sehingga tidak merepotkan akan tetapi tetap terlihat stylish. Kita menghadirkan solusi bagi mereka pengguna bermacam-macam gadget, tas ini pun  tidak hanya untuk gadget akan tetapi bisa untuk barang-barang lainnya yang ukurannya sesuai dengann ukuran tas ini.
  1. Konsep usaha
Produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat berdesign clapper. Konsep ini diambil karena produk yang akan  dikeluarkan berhubungan dekat dengan film, produk ini juga untuk mendukung acara launching film dari film VI Movie, sehingga produk ini berkonsep film yang akan dilaunching.

  1. Deskripsi usaha
·         Produk
Tas clapper serbaguna yang akan diproduksi berbentuk persegi panjang berukuran kurang lebih seukuran notebook 11inch, laptop 14inch, tas tersebut berbentuk fleksible bisa dilipat menjadi dua bagian dengan ukurang lebih kecil bila tas tersebut tidak berisikan laptop / notebook. Tas clapper ini berguna untuk menyimpan aneka perlengkapan buku, handphone, ipad, aksesoris, notebook. Tas tersebut terdapat beberapa bagian kantong diantaranya :
1 Kantong utama tempat notebook
2 kantong tambahan bagian belakang atau dalam tempay lain – lain
Pada bagian atas terdapat tali yang dapat dilepas pasang.
·         Bahan baku
Nylon
Resleting
Benang
Kancing
Kain jaring
·         Proses pembuatan
Pembuatan tas serbaguna ini melalui jasa pengrajin tas atau penjahit tas. Mulai dari tahapan pertama pencarian bahan, kemudian pembentukan pola, setelah itu baru pola tersebut dijahit menjadi bentuk tas clapper produk kami. Tahap tersebut mencapai bentuk pola utama tas barulah kemudian ditambahkan aksesoris tambahan kain berjaring tersebut pada bagian dalam atau belakang tas yang nantinya berfungsi untuk tempat barang – barang kecil atau aksesoris.
·         Jasa
Dalam menjalankan usaha ini untuk menyelesaikan tas yang akan kita produksi kita menggunakan jasa pengrajin atau penjahit tas borongan yang kita sudah kenali dan sudah sangat kita ketahui kredibilitasnya.




  1. Kegunaan atau fungsi
Produk yang kita tawarkan kepada masyarakat ini guna membantu atau memberikan solusi kepada para pengguna berbagai gadget ataupun barang – barang lainnya yang selalu dibawa saat bepergian. Tas ini mempunyai inovasi baru tidak hanya berbentuk tas seperti biasanya tetapi disini tas yang kita tawarkan bisa berubah ukuran menjadi lebih kecil menjadi dompet dengan cara melipatnya kemudian melepaskan tali bongkar pasang. Selain itu dibagian dalam atau belakang tas ini juga terdapat kain berjaring yang berguna umtuk menyimpan aksesoris – aksesoris yang ukurannya cenderung kecil.
Produk yang kita produksi ini bukan hanya sekedar serbaguna dan bentuknya yang unik akan tetapi kita juga memperhatikan dari kualitas bahan bakunya tersebut. Kita menggunakan bahan baku kualitas nomor satu sehingga barang yang diproduksi awet dan memuaskan untuk dikonsumsi oleh konsumen
F.  Gambaran Umum
1.     Jadwal Kegiatan
Jadwal
Persiapan
1 april 2014 – 20 april 2014
Produksi
22 april 2014 – 1 Mei 2014
Pemasaran
1 Mei 2014 – 30 Juni 2014
Penjualan
5 Mei 2014 – 30juni 2014
Evaluasi
1 Juli 2014 – 3 Juli 2014







2.     Strategi SDM
·         Job Description
1.     Production Manager
a.       Merencanakan, mengatur, dan mengkoordinasi semua kegiatan produksi
b.      Mengusahakan kelancaran kegiatan produksi dan berusah untuk selalu meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan produksi
c.       Menangani semua operasional produksi dan memastikan bahwa semua proses produksi berjalan sesuai dengan strategi yang diinginkan
2.     General Manager
a.      Merencanakan strategi perusahaan dan melaksanakannya untuk mencapai tujuan perusahaan
b.     Menciptakan suasana yang baik dalam perusahaan sehingga karyawan dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik
c.      Memimpin, mendidik, mengarahkan, dan mengawasi pelasanaan rencana yang telah ditetapkan.
3.     Marketing Manager
a.       Melaksanakan kegiatan pemasaran atas produk yang dihasilkan
b.      Mencari informasi pasar yang berhubungan dengan segment pasar, permintaan, pesaing, dan peluang pasar.
c.       Membantu direktur memnetapkan produk target pemasaran dan kebijakan dalam perluasan pangsa pasar.
4.     Financial Manager
a.       Menyusun anggaran belanja dan pendapatan perusahaan secara berkala
b.      Melaksanakan pengawasan terhadap penggunaan dana dan memelihara kas untuk menjaga kelancaran produksi
c.       Bersama-sama dengan direksi mengatur kebijakan penggunaan dan auntuk gaji atau upah karyawan, kesejahteraan karyawan, pembelian bahan baku, dan kredit-kredit penjualan.


·         Person In Charge

3.     Strategi Pemasaran
·       Awareness
Untuk menggugah kesadaran konsumen akan produk yang kami tawarkan, langkah awal yang akan diterapkan adalah dengan memanfaatkan ranah digital untuk memasarkan/memperkanalkan produk, seperti memposting di situs jual beli, membuat thread di forum jual beli kaskus dan broadcast message. Karena dengan maraknya digitalisasi serta aksesnya yang tidak terlalu sulit akan memudahkan kami dan konsumen untuk saling berkomunikasi, karena telah kita sadari masyrakat sekarang ini sangat tergantung pada digitalisasi, terutama internet dan ponsel. Juga kami tidak meninggalkan cara lama, yaitu dengan jalur offline. Kami akan membuat katalog dan brosur, lalu kita sebarkan ke teman / kenalan dan masyarakat pada umumnya dengan mempertimbangkan kriterianya.
·                     Interest
Dengan katalog yang telah didesign dengan rapi dan menarik, serta disebarkan lewat internet dan jalur langsung. Kami akan menggunakan desain dan harga yang kreatif.
·         Desire
Kami akan menciptakan dan menekankan stimulus pada desain serta komponen-komponennya dengan lugas dan detail.
·         Action
Suasana interaktif yang kami ciptakan, akan membuat konsumen tidak sungkan untuk bertanya tentang produk kami.
G.    Biaya yang dikeluarkan
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Material
Jumlah Persatuan
Harga
Kain Nylon
1 meter
Rp.26.000 x 10 = Rp. 260.000
Resleting
1
Rp.3000 x 24 = Rp.72.000
Kancing Magnet
1 gross
Rp.150.000
Kain Jaring
1 meter
Rp.6.000 x 3 =Rp.18.000
Sablon Rubber
24
Rp.120.000
Benang
1
Rp.3.000 x 6 = Rp.18.000
Kain sintek
1
Rp.6000 x 5 =Rp.30.000
Jasa
1 buah tas
Rp.20.000 x 24 =Rp. 480.000
Total
Rp.1.148.000


Modal Awal = Rp.1.148.000 : 24 = Rp.48.000
Harga jual= Rp. 55.000



H.  Gambaran pasar
Pemasaran produk ditujukan pada kalangan pelajar SMA Sederajat hingga mahasiswa dari berbagai latar belakang dan jenis kelamin, kirasaran umur 15-25 tahun, target konsumen yang kami tuju adalah para pelajar SMA sederjat serta mahasiswa yang banyak memiliki kebutuhan tempat untuk membawa laptop, gadget dan kebutuhan lainnya. mengingat jenis produk yang dihasilkan merupakan kebutuhan yang universal sehingga produk ini bersifat tidak musiman maka dapat diproduksi dan didistribusikan kapan saja sesuai dengan permintaan konsumen. Motivasi para konsumen untuk membeli produk ini ialah remaja jaman sekarang pasti memiki lebih dari satu gadget dan memerlukan satu tempat untuk membawa semua kebutuhan gadgetnya dan kami menyediakan itu.
  1. Pengaruh Eksternal
Banyak faktor eksternal yang mempengaruhi gambaran pasar salah satunya menggunakan sebuah teknis yang dianalisis melalui Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT)
·         Strenght (Kekuatan)
  1. Terbuat dari bahan yang berkuallitas
  2. Design yang unik dan menarik
  3. Proses produksi sebagian dikerjakan dengan tangan (Handmade) dan menggunakan cara yang masih tradisional sehingga sulit untuk untuk ditiru
  4. Produk tidak dibuat dalam  jumlah yang banyak sehingga terbatas dan bersifat ekslusif
·         Weakness (Kelemahan).
1.      Tidak dapat memenuhi pesanan dalam jumlah banyak karena produk dibuat dalam jumlah terbatas.
·         Opportunity (peluang)
  1. Meningkatnya kebutuhan akan gadget sehingga mereka membutuhan satu tempat serbaguna yang dapat menampung semua.

·         Threat (Ancaman):
1.      Banyak produsen tas serbaguna yang telah memiliki merk yang lebih besar dan terkenal.
2.      Tas serbaguna ini tidak menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sehingga minat belinya kurang terhadap produk ini.
I.       Rencana Pengembangan Usaha
Pengembangan Usaha ini di lakukan secara bertahap sesuai dengan keuntungan yang didapatkan. Pengembangan jangka pendek  usaha ini dibuat untuk memenuhi marchandise launching film VI Movie, Sedangkan pengembangan jangka panjang usaha ini, akan dipasarkan secara online atau dari mulut ke mulut dan kami berinisiatif memperbanyak produk lagi dan membuat sebuah outlet dengan berbagai macam model yang berbeda.
a.    Pengembangan Produk
Dengan adanya produk ini kami berinisiatif untuk menggabungkan beberapa model di pasaran yang selama ini beredar, tas laptop hanya berbatas tas untuk laptop saja namun produk kami memunculkan tas yang bisa digunakan untuk berbagai macam tempat untuk gadget, laptop dan sejenisnya yakni  bertujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pengguna gadget dan beberapa pengguna laptop. Selanjutnya kami akan membuat desain inovasi berbeda di setiap model baru, sehingga tidak banyak orang yang mempunyai desain yang sama. Kami berani melakukan gebrakan tersebut kami yakin SDM kami sangat mumpuni untuk membuat kreasi baru berdasarkan pengalaman kami.
b.    Pengembangan Wilayah Usaha

Usaha ini sebagai tahap awal didirikan di Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan marchandise Launching Film VI movie namun apabila dengan keuntungan yang kami dapatkan melebihi target tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang di berbagai kota lainnya.

0 coment�rios:

Posting Komentar