A.
Judul
Usaha
Karena Gender Tak Mungkin
Setara
B. Latar
Belakang
Perfilman
Indonesia banyak dilirik ketika ia mengangkat fenomena yang menyangkut
permasalahan budaya dan sosial. Kedua hal tersebut sangat dekat dengan
kehidupan masyarakat dan sering kali menjadi kontroversi. Ketika keduanya
diangkat oleh para senias muda ke layar lebar, tentunya akan menjadi sebuah cerita
yang menarik dan akan memancing respon dari berbagai pihak.
Sebuah film
berjudul Annisa dan Sholeh merupakan salah satu bagian dari enam film yang
digabung menjadi satu dalam omnibus VI Movie karya mahasiswa Broadcasting UMY
2011. Annisa dan Sholeh bercerita
mengenai seorang anak kecil bernama Annisa yang tertarik mengikuti sebuah
perlombaan adzan di mushola dekat rumahnya. Ketika itu ia sangat bersemangat
mengikuti perlombaan, namun ternyata niat Annisa tersebut dilarang oleh pak
Sholeh, seorang lelaki tua yang merupakan muadzin di mushola dekat rumah Annisa
tersebut. Annisa merasa larangan tersebut janggal, ia mulai merasa kesal dan
mempertanyakannya pada ibunya. Dengan bersikeras ia memohon pada ibunya untuk
membujuk pak Sholeh agar dirinya dapat mengikuti perlombaan Adzan tersebut.
Fenomena
yang ingin diangkat yakni permasalahan gender. Dimana saat ini banyak perempuan
yang ingin disetarakan hak serta kewajibannya dengan laki-laki. Annisa merasa
bahwa mengumandangkan adzan bukan hanya untuk laki-laki saja, perempuan juga
memiliki hak yang sama dalam hal tersebut. Annisa memperjuangkan haknya dan
mencari alasan mengapa adzan untuk perempuan itu dilarang. Film ini ingin
membuka pemahaman yang ada dalam benak masyarakat bahwa ada hal yang disebut
kodrat, ada hal yang berbeda antara laki-laki dan perempuan yang tidak dapat dipaksakan
untuk menjadi sama. Sebagai contoh dalam film Annisa-Sholeh yakni hal
sesederhana ber-adzan.
C.
Rumusan
Masalah
Bagaimana
menyadarkan perempuan dalam film Annisa
Sholeh bahwa emansipasi wanita ada batasnya, mengingat belakangan ini banyak
permpuan yang menginginkan kesetaraan gender?
D.
Tujuan
Usaha
1.
Memperkenalkan film VI
MoVIe kepada masyarakat luas khususnya pelajar SMA serta mahasiswa di Daerah
Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya melalui merchandise berupa tas VI MoVIe.
2.
Memupuk serta mengembangkan
jiwa kewirausahaan yang mandiri pada diri crew film VI MoVIe agar mampu
bersaing secara sehat dengan kompetitor di dunia luar.
3.
Memberi solusi konkret
pada permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat muda saat ini melalui inovasi
tas kreatif.
E.
Luaran
yang Diharapkan
a.
Ide usaha
Dalam perencanaan dan
jadwal yang disusun oleh pihak produksi dalam tahap pra-produksi penggarapan
film VI- Movie, telah diagendakan launching serta pemutaran film VI-Movie .
Ketika film yang masih terhitung baru dan perdana ini mucul di pefilman
Indonesia, tentu saja perlu mengadakan pengenalan kepada masyarakat. Dengan
kata lain promosi.
Strategi promosi yang
dapat dilakukan yakni salah satunya dengan menjual marchandise film VI-Movie.
Film dan teknologi baru sangat erat hubungannya, sehingga mengingat kembali
bahwa teknologi saat ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu.
Kebutuhan dan permintaan pasar akan teknologi makin melonjak dan seolah tidak
pernah mati. Hal ini yang menggerakkan wirausahawan
untuk memanfaatkan peluang tersebut sebagai sebuah rencana untuk membuat suatu
usaha. Ide- ide kreatif bermunculan untuk menyeimbangi perkembangan teknologi
tersebut. Semakin banyak masyarakat yang
memenuhi kebutuhan teknologi seperti laptop dan gadget, sehingga saat ini
diantaranya banyak ditemui fenomena
bahwa masyarakat tentu tidak hanya membawa gadget saja didalam tasnya, namun
juga membawa berbagai macam keperluan seperti buku, alat tulis, alat kantor,
dsb. Bagi kaum perempuan terkadang perlengkapan make-up juga menjadi perlengkapan
yang tidak bisa ditinggalkan.
Dengan terpenuhinya
kebutuhan tersebut, mereka membutuhkan wadah yang dapat mempermudah membawa
gadget dan perlengkapan mereka. Sebuah wadah tersebut dibutuhkan untuk mengemas
gadget dan perlengkapan lainnya lebih mudah serta ringkas sehingga terkesan
tidak berantakan. Sehingga itu kami
berusaha memberikan solusi dari permasalahan yang ada didalam masyarakat berupa
produksi tas serbaguna yang dapat mempermudah pembawaan perlengkapan ketika
mereka disibukkan dengan dunia luar. Sebuah inovasi yang dapat menambah
keunikan serta kreativitas didunia fashion.
Selain memperhatikan
fenomena serta permasalahan yang tumbuh-kembang di dalam masyarakat yang
menyangkut kebutuhan individu tersebut, kami pun memperhatikan kondisi usaha
yang dijalani oleh beberapa pengusaha yang semakin menjamur. Semakin banyak
perusahaan yang memproduksi barang-barang yang menunjang fashion seperti tas.
Dengan berbagai model, gaya, dan warna, konsumen semakin menaruh minat yang
luar biasa dan terus meningkatkan permintaan. Kami berusaha membuat inovasi
dengan bermodalkan kreativitas, memaksimalkan dan berusaha memenuhi permintaan.
Melihat pada kemajuan
zaman seperti sekarang ini dengan berkembangnya bermacam – macam gadget dari
mulai yang kecil bisa dibawa dengan mudah sampai dengan ukuran yang cukup
besar. masyarakat yang juga mengikuti perkembangan zaman tersebut kebanyakan
menggunakan lebih dari satu gadget, tentunya disaat mereka bepergian membawa
seluruh gadget yang mereka gunakan bukan hanya dari gadget saja yang perlu
mereka bawa kemanapun mereka pergi akan tetapi dari aksesoris atau pelengkap
gadget tersebut juga biasanya selalu mereka bawa kemanapun mereka pergi.
Melihat permasalahan di atas
yaitu masyarakat yang dituntut repot dengan membawa segala jenis gadget beserta
lain – lainnya untuk membantu pekerjaan mereka yang harus dibawa kemanapun,
maka dariu itu kita mengeluarkan produk tas “serba guna” dengan bentuk yang
tidak terlalu besar sehingga tidak merepotkan akan tetapi tetap terlihat stylish.
Kita menghadirkan solusi bagi mereka pengguna bermacam-macam gadget, tas ini
pun tidak hanya untuk gadget akan tetapi
bisa untuk barang-barang lainnya yang ukurannya sesuai dengann ukuran tas ini.
- Konsep
usaha
Produk
yang akan ditawarkan kepada masyarakat berdesign clapper. Konsep ini diambil
karena produk yang akan dikeluarkan
berhubungan dekat dengan film, produk ini juga untuk mendukung acara launching
film dari film VI Movie, sehingga produk ini berkonsep film yang akan
dilaunching.
- Deskripsi
usaha
·
Produk
Tas clapper serbaguna
yang akan diproduksi berbentuk persegi panjang berukuran kurang lebih seukuran
notebook 11inch, laptop 14inch, tas tersebut berbentuk fleksible bisa dilipat
menjadi dua bagian dengan ukurang lebih kecil bila tas tersebut tidak berisikan
laptop / notebook. Tas clapper ini berguna untuk menyimpan aneka perlengkapan
buku, handphone, ipad, aksesoris, notebook. Tas tersebut terdapat beberapa
bagian kantong diantaranya :
1
Kantong utama tempat notebook
2
kantong tambahan bagian belakang atau dalam tempay lain – lain
Pada
bagian atas terdapat tali yang dapat dilepas pasang.
·
Bahan baku
Nylon
Resleting
Benang
Kancing
Kain
jaring
·
Proses pembuatan
Pembuatan tas serbaguna
ini melalui jasa pengrajin tas atau penjahit tas. Mulai dari tahapan pertama
pencarian bahan, kemudian pembentukan pola, setelah itu baru pola tersebut
dijahit menjadi bentuk tas clapper produk kami. Tahap tersebut mencapai bentuk
pola utama tas barulah kemudian ditambahkan aksesoris tambahan kain berjaring
tersebut pada bagian dalam atau belakang tas yang nantinya berfungsi untuk
tempat barang – barang kecil atau aksesoris.
·
Jasa
Dalam menjalankan usaha
ini untuk menyelesaikan tas yang akan kita produksi kita menggunakan jasa
pengrajin atau penjahit tas borongan yang kita sudah kenali dan sudah sangat
kita ketahui kredibilitasnya.
- Kegunaan
atau fungsi
Produk yang kita tawarkan kepada masyarakat ini
guna membantu atau memberikan solusi kepada para pengguna berbagai gadget
ataupun barang – barang lainnya yang selalu dibawa saat bepergian. Tas ini
mempunyai inovasi baru tidak hanya berbentuk tas seperti biasanya tetapi disini
tas yang kita tawarkan bisa berubah ukuran menjadi lebih kecil menjadi dompet
dengan cara melipatnya kemudian melepaskan tali bongkar pasang. Selain itu
dibagian dalam atau belakang tas ini juga terdapat kain berjaring yang berguna
umtuk menyimpan aksesoris – aksesoris yang ukurannya cenderung kecil.
Produk yang kita produksi ini bukan hanya
sekedar serbaguna dan bentuknya yang unik akan tetapi kita juga memperhatikan
dari kualitas bahan bakunya tersebut. Kita menggunakan bahan baku kualitas
nomor satu sehingga barang yang diproduksi awet dan memuaskan untuk dikonsumsi
oleh konsumen
F.
Gambaran
Umum
1.
Jadwal
Kegiatan
Jadwal
|
|
Persiapan
|
1
april 2014 – 20 april 2014
|
Produksi
|
22
april 2014 – 1 Mei 2014
|
Pemasaran
|
1
Mei 2014 – 30 Juni 2014
|
Penjualan
|
5
Mei 2014 – 30juni 2014
|
Evaluasi
|
1
Juli 2014 – 3 Juli 2014
|
2.
Strategi
SDM
·
Job Description
1.
Production
Manager
a.
Merencanakan, mengatur,
dan mengkoordinasi semua kegiatan produksi
b.
Mengusahakan kelancaran
kegiatan produksi dan berusah untuk selalu meningkatkan efisiensi dan
efektifitas kegiatan produksi
c.
Menangani semua
operasional produksi dan memastikan bahwa semua proses produksi berjalan sesuai
dengan strategi yang diinginkan
2.
General
Manager
a.
Merencanakan strategi
perusahaan dan melaksanakannya untuk mencapai tujuan perusahaan
b.
Menciptakan suasana yang
baik dalam perusahaan sehingga karyawan dapat melaksanakan kewajibannya dengan
baik
c.
Memimpin, mendidik, mengarahkan,
dan mengawasi pelasanaan rencana yang telah ditetapkan.
3.
Marketing
Manager
a.
Melaksanakan kegiatan
pemasaran atas produk yang dihasilkan
b.
Mencari informasi pasar
yang berhubungan dengan segment pasar, permintaan, pesaing, dan peluang pasar.
c.
Membantu direktur
memnetapkan produk target pemasaran dan kebijakan dalam perluasan pangsa pasar.
4.
Financial
Manager
a.
Menyusun anggaran
belanja dan pendapatan perusahaan secara berkala
b.
Melaksanakan pengawasan
terhadap penggunaan dana dan memelihara kas untuk menjaga kelancaran produksi
c.
Bersama-sama dengan
direksi mengatur kebijakan penggunaan dan auntuk gaji atau upah karyawan,
kesejahteraan karyawan, pembelian bahan baku, dan kredit-kredit penjualan.
·
Person In Charge
3.
Strategi
Pemasaran
· Awareness
Untuk menggugah
kesadaran konsumen akan produk yang kami tawarkan, langkah awal yang akan
diterapkan adalah dengan memanfaatkan ranah digital untuk
memasarkan/memperkanalkan produk, seperti memposting di situs jual beli,
membuat thread di forum jual beli
kaskus dan broadcast message. Karena dengan maraknya digitalisasi serta
aksesnya yang tidak terlalu sulit akan memudahkan kami dan konsumen untuk
saling berkomunikasi, karena telah kita sadari masyrakat sekarang ini sangat
tergantung pada digitalisasi, terutama internet dan ponsel. Juga kami tidak
meninggalkan cara lama, yaitu dengan jalur offline. Kami akan membuat katalog
dan brosur, lalu kita sebarkan ke teman / kenalan dan masyarakat pada umumnya
dengan mempertimbangkan kriterianya.
·
Interest
Dengan katalog yang
telah didesign dengan rapi dan menarik, serta disebarkan lewat internet dan
jalur langsung. Kami akan menggunakan desain dan harga yang kreatif.
·
Desire
Kami akan menciptakan
dan menekankan stimulus pada desain serta komponen-komponennya dengan lugas dan
detail.
·
Action
Suasana interaktif yang
kami ciptakan, akan membuat konsumen tidak sungkan untuk bertanya tentang
produk kami.
G.
Biaya
yang dikeluarkan
Bahan-bahan
yang dibutuhkan :
Material
|
Jumlah Persatuan
|
Harga
|
Kain Nylon
|
1 meter
|
Rp.26.000 x 10 = Rp. 260.000
|
Resleting
|
1
|
Rp.3000 x 24 = Rp.72.000
|
Kancing Magnet
|
1 gross
|
Rp.150.000
|
Kain Jaring
|
1 meter
|
Rp.6.000 x 3 =Rp.18.000
|
Sablon Rubber
|
24
|
Rp.120.000
|
Benang
|
1
|
Rp.3.000 x 6 = Rp.18.000
|
Kain sintek
|
1
|
Rp.6000 x 5 =Rp.30.000
|
Jasa
|
1 buah tas
|
Rp.20.000 x 24 =Rp. 480.000
|
Total
|
Rp.1.148.000
|
Modal
Awal = Rp.1.148.000 : 24 = Rp.48.000
Harga
jual= Rp. 55.000
H.
Gambaran
pasar
Pemasaran
produk ditujukan pada kalangan pelajar SMA Sederajat hingga mahasiswa dari
berbagai latar belakang dan jenis kelamin, kirasaran umur 15-25 tahun, target
konsumen yang kami tuju adalah para pelajar SMA sederjat serta mahasiswa yang
banyak memiliki kebutuhan tempat untuk membawa laptop, gadget dan kebutuhan
lainnya. mengingat jenis produk yang dihasilkan merupakan kebutuhan yang
universal sehingga produk ini bersifat tidak musiman maka dapat diproduksi dan
didistribusikan kapan saja sesuai dengan permintaan konsumen. Motivasi para
konsumen untuk membeli produk ini ialah remaja jaman sekarang pasti memiki
lebih dari satu gadget dan memerlukan satu tempat untuk membawa semua kebutuhan
gadgetnya dan kami menyediakan itu.
- Pengaruh
Eksternal
Banyak
faktor eksternal yang mempengaruhi gambaran pasar salah satunya menggunakan
sebuah teknis yang dianalisis melalui Strength, Weakness, Opportunity, Threat
(SWOT)
·
Strenght
(Kekuatan)
- Terbuat
dari bahan yang berkuallitas
- Design
yang unik dan menarik
- Proses
produksi sebagian dikerjakan dengan tangan (Handmade) dan menggunakan cara
yang masih tradisional sehingga sulit untuk untuk ditiru
- Produk
tidak dibuat dalam jumlah yang
banyak sehingga terbatas dan bersifat ekslusif
·
Weakness
(Kelemahan).
1. Tidak
dapat memenuhi pesanan dalam jumlah banyak karena produk dibuat dalam jumlah
terbatas.
·
Opportunity
(peluang)
- Meningkatnya
kebutuhan akan gadget sehingga mereka membutuhan satu tempat serbaguna
yang dapat menampung semua.
·
Threat
(Ancaman):
1. Banyak
produsen tas serbaguna yang telah memiliki merk yang lebih besar dan terkenal.
2. Tas
serbaguna ini tidak menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sehingga minat
belinya kurang terhadap produk ini.
I.
Rencana
Pengembangan Usaha
Pengembangan Usaha ini di lakukan secara
bertahap sesuai dengan keuntungan yang didapatkan. Pengembangan jangka
pendek usaha ini dibuat untuk memenuhi
marchandise launching film VI Movie, Sedangkan pengembangan jangka panjang
usaha ini, akan dipasarkan secara online atau dari mulut ke mulut dan kami
berinisiatif memperbanyak produk lagi dan membuat sebuah outlet dengan berbagai
macam model yang berbeda.
a.
Pengembangan Produk
Dengan
adanya produk ini kami berinisiatif untuk menggabungkan beberapa model di
pasaran yang selama ini beredar, tas laptop hanya berbatas tas untuk laptop
saja namun produk kami memunculkan tas yang bisa digunakan untuk berbagai macam
tempat untuk gadget, laptop dan sejenisnya yakni bertujuannya untuk memenuhi kebutuhan para
pengguna gadget dan beberapa pengguna laptop. Selanjutnya kami akan membuat
desain inovasi berbeda di setiap model baru, sehingga tidak banyak orang yang
mempunyai desain yang sama. Kami berani melakukan gebrakan tersebut kami yakin
SDM kami sangat mumpuni untuk membuat kreasi baru berdasarkan pengalaman kami.
b.
Pengembangan Wilayah
Usaha
Usaha
ini sebagai tahap awal didirikan di Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan
marchandise Launching Film VI movie namun apabila dengan keuntungan yang kami
dapatkan melebihi target tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang di
berbagai kota lainnya.
0 coment�rios:
Posting Komentar